Beberapa Trik Jitu, Spesial Buat Antum.

Oleh : Agus Supriyadi.

Trik jika telat datang syuro :

*******************************

Sebelumnya, ada sebuah nasyid klasik dari Izzatul Islam yang dirubah liriknya oleh ikhwan nakal. Kurang lebih begini lirik nasyidnya :

“Islam cinta keadilan,

Klo gak dateng syuro tinggal bilang ‘afwan,

‘Afwan ane ya akhi…’afwan ane ya ukhti,

Ane sibuk sekali..”


Jika antum adalah seorang dengan segudang agenda rapat/ syuro, sehingga teman2 sering memberi julukan “mansyur”(manusia syuro), maka jangan khawatir dan jangan sedih. Perlu antum ketahui bahwa Rasulullah adalah seorang yang paling sering melakukan syuro atau rapat. Karena itu diperintahkan dalam Islam, ketika kita akan memutuskan sebuah perkara. Ada beberapa trik sederhana ketika kita telat datang syuro.

  1. Jika antum telat datang syuro, jangan lupa bawa makanan ringan (snack : kue, biscuit, gorengan,dll). Jika ada sempat waktu untuk menjelaskan perihal keterlambatan kita, maka jelaskanlah apa adanya dan jangan sekali-kali membuat cerita bohong atau sampai mencari-cari alasan yang tidak syari. Jika keadaan tidak menghendaki kita untuk menjelaskan ihwal keterlambatan kita, maka kita tidak perlu menjelaskannya. Insya Allah tidak laporpun peserta syuro yang lain sudah tau bahwa kita datang telat.

  1. Jika ada dua agenda syuro yang bertabrakan dalam satu waktu, pilihlah mana yang paling prioritas. Datangi syuro yang menurut kita kurang prioritas sambil memohon ijin untuk datang telat di syuro yang lebih penting. Ini untuk menjaga keseimbangan agar kita tetap memberi kontribusi saat syuro berlangsung.

Trik jika tidak sempat menghafal alquran tetapi diminta muroja’ah hafalan oleh murobbi saat liqo :

***************************************************************************


Pernahkah antum lupa menghafal alquran untuk disetorkan saat liqo? Bisa jadi ini agenda rutin antum karena memang malas menghafal alquran. Atau tidak ada niat untuk menjadi seorang hafidz. Atau bahasa husnudzonnya antum adalah seorang aktifis dakwah yang super sibuk, sehingga tidak sempat untuk menghafal alquran dan menyetorkan hafalan saat liqo. Ada sedikit trik sederhana agar antum bisa tetap menyetorkan hafalan saat liqo :

  1. Bersegeralah mengambil alquran, lalu mennghusukan diri untuk tilawah beberapa ayat setelah itu lalu menghafal alquran yang menjadi target hafalan kita. Misalnya antum belum hafal 8 ayat terakhir dari surat annaziat, padahal itu harus disetorkan kepada Murobbi. Bersegeralah untuk membaca dan menghafalkannya. Ini amunisi awal.

  2. Saat halaqoh sudah dimulai dan dibuka dengan tilawah masing-masing peserta liqo. Maka posisikan diri antum sebagai peserta tilawah terakhir atau kedua dari yang belakang. Saat itu, mulailah untuk tidak mengikuti alur tilawah (jika posisinya memang terdesak), tetapi membuka bagian belakang mushaf kita dan membaca serta menghafalkan surat ynag akan menjadi setoran hafalan kita. Disaat yang lain tilawah surat albaqoroh (misalnya), kita membaca surat annaziat delapan ayat yang terakhir. Memanfaatkan waktu luang.

Trik ngebut saat membawa motor, agar tetap aman :

***************************************************************************

  1. Pastikan antum menggunakan helm yang aman, sesuai standar helm keselamatan.

  2. Cek rem, ban, lampu sen, klakson dan lapu malam. Pastikan rem dan lampu sen tidak mengalami masalah.

  3. Baca bismillah dan niatkan bahwa ngebut saat berkendaraan adalah untuk menghemat dan mengefektifkan waktu kita. Tidak untuk gaya-gayaan apalagi pamer.

  4. Pastikan kita tidak membawa beban terlalu banyak dan berat, secukupnya saja.

  5. Posisi duduk agak sedikit kebelakang jok (tempat duduk, duduknya agak kebelakang).

  6. Agar gesekan terhadap udara lebih kecil hendaklah antuim merapatkan kedua kaki dan menggunakan pakaian yang tidak terlalu lebar.

  7. Pastikan tangan tidak tegang dan kaku, tetapi rileks dan santai dengan badan agak sedikit merendah.

  8. PENTING!! Saat ngebut pastikan mata dan felling kita menjadi system navigasi alami, sehingga kita bisa melihat keadaan dan celah dalam jarak 100 sampai 150 meter sebelum kita melewatinya saat motor sedang melaju di jalan. Tidak lupa kaki dan tangan standby untuk menginjak dan menekan rem (saat jalan mulai terlihat ramai dan mendekati pertigaan atau perempatan lampu merah).

  9. Berhati-hatilah dengan kendaraan non mesin seperti becak, gerobak, sepeda, pejalan kaki,dll. Karena kecepatan dan geraknya kurang bisa diduga, sehingga memunculkan peluang terjadinya tabrakan.

  10. Pastikan kendaraan satu paket. SIM, STNK dan Kaca Spion. (Tambahan)

Trik menghadapi ikhwan yang suka sms iseng atau over dosis dalam bercanda :

***************************************************************************

Pernahkah antum mendapat sms yang gak jelas? Sms yang gak penting untuk dibalas atau bahkan sms yang sebetulnya tidak perlu untuk dibaca?Merasa jengkel karena sering dikerjain? Merasa tidak dihormati sebagai seorang akhwat? Merasa izzah diri begitu kurang dihargai? Merasa tidak nyaman dengan tingkah laku sang ikhwan?

Apa yang antum akan lakukan??? Bersikap jutek??? Langsung marah??? Sms balik dengan nada sinis??? Langsung lapor kepada murobbi yang bersangkutan??? Kirim sms taujih dan tausyiah tentang hijab???

***SENSOR ACTIVE***

Dijamin antum bertambah lebih dewasa, lebih bisa bersikap dengan baik dan bijaksana serta mendapatkan jawaban yang memuaskan, tanpa harus mengeluarkan banyak energi, tetapi memberikan pendidikan yang baik bagi sang ikhwan. Mau???😀

Betul kata Ada Band, “Karena wanita ingin di mengerti..”. Upss salah, “Karena akhwat ingin dimengerti..”. Emang yah??? Wallahu’alam..

********************************************************

Oleh : Agus Supriyadi : Humaz Div. Eksternal UKKI UNSOED.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s